Mengenal Pengertian Polimiositis

Image result for nyeri bahu

Liputan6.com

Pengertian polimiositis adalah penyakit radang yang tidak biasa yang menyebabkan kelemahan otot yang mempengaruhi kedua sisi tubuh Kamu. Memiliki kondisi ini dapat membuatnya sulit untuk menaiki tangga, naik dari posisi duduk, mengangkat benda atau mencapai overhead. Polimiositis paling umum menyerang orang dewasa di usia 30-an, 40-an, atau 50-an. Ini lebih umum pada orang kulit hitam daripada pada orang kulit putih, dan wanita lebih sering terkena daripada pria. Tkamu dan gejala biasanya berkembang secara bertahap, selama beberapa minggu atau bulan. Meskipun tidak ada obat untuk polimiositis, perawatan – mulai dari obat-obatan hingga terapi fisik – dapat meningkatkan kekuatan dan fungsi otot Kamu.

Gejala Polimiositis

Menurut mayoclinic.org kelemahan otot yang terkait dengan polimiositis melibatkan otot-otot yang paling dekat dengan batang tubuh, seperti yang ada di pinggul, paha, bahu, lengan atas, dan leher. Kelemahan memengaruhi sisi kiri dan kanan tubuh Kamu, dan cenderung memburuk secara bertahap. Di sini pengertian polimiositis tidak diketahui penyebab pasti dari polimiositis tidak diketahui, tetapi penyakit ini memiliki banyak karakteristik dengan gangguan autoimun, di mana sistem kekebalan tubuh Kamu secara keliru menyerang jaringan tubuh Kamu sendiri. 

Faktor Risiko

Risiko polimiositis Kamu lebih tinggi jika Kamu menderita lupus, rheumatoid arthritis, scleroderma, atau sindrom Sjogren. Kemungkinan komplikasi dari polimiositis termasuk kesulitan menelan. Jika otot-otot di esofagus Kamu terkena, Kamu mungkin memiliki masalah menelan (disfagia), yang pada gilirannya dapat menyebabkan penurunan berat badan dan kekurangan gizi. Komplikasi lainnya yang bisa muncul yaitu pneumonia aspirasi. Kesulitan menelan juga dapat menyebabkan Kamu menghirup makanan atau cairan, termasuk air liur, ke paru-paru Kamu (aspirasi), yang dapat menyebabkan pneumonia. Masalah pernapasan demikina bisa muncul. Jika otot-otot dada Kamu terkena penyakit ini, Kamu mungkin mengalami masalah pernapasan, seperti sesak napas atau, dalam kasus yang parah, gagal napas.

Kondisi terkait

Meskipun ini bukan komplikasi, polimiositis sering dikaitkan dengan kondisi lain yang dapat menyebabkan komplikasi lebih lanjut, atau dalam kombinasi dengan gejala polimiositis. Kondisi terkait meliputi: Fenomena Raynaud. Ini adalah kondisi di mana jari-jari tangan, kaki, pipi, hidung, dan telinga Kamu awalnya menjadi pucat ketika terkena suhu dingin. Penyakit jaringan ikat lainnya. Kondisi lain, seperti lupus, rheumatoid arthritis, scleroderma dan sindrom Sjogren, dapat terjadi dalam kombinasi dengan polimiositis. Penyakit kardiovaskular juga. 

Polimiositis dapat menyebabkan dinding otot jantung Kamu menjadi meradang (miokarditis). Pada sejumlah kecil orang yang memiliki polimiositis, gagal jantung kongestif dan aritmia jantung dapat terjadi. Penyakit paru-paru pun demikian. Suatu kondisi yang disebut penyakit paru-paru interstitial dapat terjadi dengan polimiositis. Penyakit paru interstitial mengacu pada sekelompok gangguan yang menyebabkan jaringan parut (fibrosis) paru-paru, membuat paru-paru kaku dan tidak elastis. Tkamu dan gejala termasuk batuk kering dan sesak napas. Yang terakhir adalah kanker. Orang yang menderita polimiositis memiliki risiko kanker yang tinggi.

Pengertian polimiositis sudah disampai secara mendalam di artikel ini. harapannya, kamu yang menunjukkan tkamu-tkamu sakit poliomisitis mampu mengatasi penyakit tersebut. selain itu, kamu dianjurkan untuk senantiasa menjaga kesehatan tubuh. karena pengobatan yang baik adalah dengan melakukan pencegahan. Kamu rutinlah berolahraga dan makan teratur serta bergizi. Hindari makanan dan minuman yang berbahaya. Termasuk hindariah rokok. Sekian artikel ini semoga bermanfaat untuk kita semua.

Sumber: alodokter.com

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>